Senin, 22 Juli 2013

FORMAT CV INTERNASIONAL

FORMAT CV INTERNASIONAL


Format CV secara umum harus mencakup hal-hal berikut :

Informasi Kontak Pelamar Kerja
Nama
Alamat
No. Telp
No. Hp.
Email

Informasi Pribadi
Tempat Tanggal Lahir
Kewarganegaraan
Status Visa
Jenis Kelamin

Informasi Pribadi Tambahan
Status Pernikahan
Nama Suami / Istri
Jumlah Anak

Profil Pribadi
Tulis profil pribadi anda dengan singkat, padat dan memikat. Artinya tulis sesuai visi bekerja anda, kunci sukses anda, dan lain-lain.
Pengalaman Kerja
Daftar Pengalaman kerja ditulis secara berurutan (kronologis), disertai jabatan serta tanggal mulai bekerja hingga kapan berakhirnya. Jangan lupa pula tulis tugas apa saja yang bisa ditangani.
Karir pengalaman kerja
Jabatan di bidang Akademik (jika di sekolah / universitas)
Penelitian dan Pelatihan yang pernah dilakukan

Pendidikan
Pendidikan ditulis dengan menyertakan waktu, bidang studi yang diambil, gelar yang didapat, pelatihan dan sertifikasi yang pernah diikuti.
SD
SMP
SMA
S1
S2
S3

Kualifikasi Kemampuan Profesional
Sebutkan kemampuan profesional yang anda bisa, jika perlu tambahkan dengan sertifikat yang anda miliki.
Sertifikat dan Akreditasi yang pernah didapat
Kemampuan dalam bidang Komputer
dll.

Penghargaan
Jika ada, tulis semua penghargaan yang pernah didapat; khususnya penghargaan yang sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Jangan penghargaan Piala Balap Karung dibawa-bawa :)

Publikasi
Jika ada, tulis berbagai karya yang sudah diterbitkan, misalnya makalah, penelitian, abstrak seminar, pidato, dan semua karya yang sudah dipublikasikan.

Buku
Jika ada, tulis daftar buku yang pernah ditulis, beserta gambaran umum mengenai buku tersebut. Dari mulai buku tentang apa, respon pembaca seperti apa dll. 

Anggota Profesional
Jika anda adalah salah satu anggota / membership profesional, misalnya anggota PWI, PGRI,atau anggota organisasi lainnya, tulis saja dan sertakan jabatan yang tangani.

Rekomendasi
Jika ada orang, tokoh, atau siapa saja yang merekomendasikan anda bekerja di perusahaan / tempat anda bekerja, tulis nama, email, no. telepon, dan hubungannya dengan anda.
Minat  
Jika diperlukan, tulis berbagai minat anda, khususnya masih ada sangkut pautannya dengan pekerjaan yang sedang anda lamar.

0 komentar:

Posting Komentar